Rabu, 18 April 2012

PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI ERA GLOBALISASI (TUGAS WAJIB)

NAMA                       :  RIZKY RENANDA ADITYA
KELAS                      :  3EA15
NPM                          :  12209431
DOSEN                      :  SEPITRI DARUYANI
MATA KULIAH        :   SOFTSKILL BAHASA INDONESIA 2
 
Bahasa merupakan alat komunikasi antara yang satu dengan yang lain. Dengan bahasa semua hal dapat dimengerti maksud dan tujuan tertentu. Selain itu bahasa juga digunakan untuk menyampaikan sesuatu hal, gagasan (pendapat), ide kepada orang lain agar bisa memahami apa yang kita inginkan.

Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai alat ilmu pengetahuan dan bidang teknologi. Jika dilihat dari sisi ilmu pengetahuan, peranan Bahasa sendiri sangat berpengaruh sekali, karena dari tata bahasa seseorang bisa dilihat, bagaimana kepribadian, wawasan dan lain sebagainya dimana untuk lawan bicara orang tersebut dapat menilai, apakah seseorang ini memiliki pengetahuan lebih ataupun biasa saja.

Jika dilihat dari sisi Teknologi, Bahasa Indonesia sendiri juga berperan penting untuk kita semua, Teknologi yang ada sendiri pun bermacam-macam. kita ambil satu contoh seperti penulisan berita di media online, kita ambil contoh " kapanlagi.com" . didalamnya berisi tentang berita-berita mengenai artis-artis atau publik figur Indonesia. Penggunaan Bahasa yang tepat adalah cara yang paling utama demi sampainya berita tersebut sampai dicerna dengan baik oleh si pembaca. Disini Bahasa adalah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan sesuatu , sedangkan Media Online sebagai Teknologi yang ada pada saat ini, yang isi didalamnya perlu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik demi tersampainya berbagai macam berita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar