Minggu, 07 Oktober 2012

Tugas Softskill Etika Bisnis (Rini Dwiastuningsih)

Nama        : Rizky Renanda Aditya

Kelas         : 4 EA 15

NPM         : 12209431

 


PENGERTIAN ETIKA

Etika berasal dari bahasa Yunani, Ethos, yang dapat diartikan juga kebiasaan, dan dapat pula berarti susila juga bisa diartikan adat istiadat. Etika dapat diartikan kebiasaan dan juga susila. Dari arti tersebut, maka, kita dapat mengartika etika tersebut sebagai penilaian terhadap tingkah laku maupun tutur kata seseorang.. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

PENGERTIAN ETIKA BISNIS

Etika bisnis adalah penerapan etika dalam menjalankan kegiatan suatu bisnis. Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat. Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional.

PENERAPAN ETIKA BISNIS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia yang berpendidikan harus tahu apa itu etika, dan harus tahu juga bagaimana penerapannya. Setiap yang kita lakukan kepada siapapun, baik itu di lingkungan rumah, kita bertetangga dan lain sebagainya. Disini kita membahas penerapannya jikalau kita terapkan pada dunia bisnis.
Bisnis itu tidak mungkin dilakukan secara sendiri, pasti kita punya lawan bicara, misalkan pada saat kita menelepon rekan bisnis kita, disini etika dipakai, bagaimana cara kita berbicara dengan rekan bisnis kita itu, mungkin yang kiranya rekan bisnis kita itu lebih tua kita harus munggunakan etika bahasa yang lebih formal, tapi tak luput dibeadakn juga, meskipun rekan bisnis kita sama, atau bahkan lebih muda, etika berbicara dan berbahasa itu perlu dijaga tingkat kesopanannya dan tingkat sisi etika berbahasanya yang baik.
Contoh berikutnya, misalkan kita hendak menemui rekan bisnis kita, tata cara kita berpakaian pun harus dijaga. Etika berpakaian harus sesuai dengan semestinya, harus sopan, rapi dan sesuai dengan dimana tempat, dan akan apa kita. Jangan sampai bertemu rekan bisnis, misalkan bisnis besar, kita memakai kaos oblong, bisa jadi, rekan yang ingin berbisnis dengan kita seakan tidak percaya, bahkan hal yang terburuk bisa jadi memutuskan hubungan kerja.
Inilah beberapa contoh penerapan ber-etika di kehidupan sehari-hari

KESIMPULAN
Dalam setiap kegiatan yang kita lakukan, penting bagi kita untuk mempunyai etika yang baik> Karena etika bisa mencerminkan pribadi dari seseorang,dan dengan pribadi tersebut, juga bisa mengetahui watak dari seseorang tersebut. Dalam bidang bisnis pun, tak luput harus mempunyai etika yang baik dan benar. Karena , ketika kita berbisnis, kita berhubungan dan berinteraksi dengan satu sama lain, sehingga, etika yang baik akan membantu kita dalam berbisnis, sehingga bisa mendorong bisnis yang baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar