Senin, 07 Maret 2011

Negara Mesir

Tragedi Mesir

Mesir sedang dilanda kerusuhan, pemberontakan terbesar kepada pemerintah yang pernah ada dalam sejarah Mesir. Aksi demonstrasi besar-besaran yang dilakukan sejak 25 Januari 2011 silam ini diawali dengan muaknya masyarakat atas keadaan negara dibawah pimpinan sang presiden, Hosni Mubarak.
Keadaan Mesir dirasakan semakin carut marut. Sikap otoriter yang diusung Mubarak seakan tidak memperbaiki apapun. Malah memperburuk keadaan. Harga pangan yang melambung tinggi, pengangguran meningkat, tidak ada kebebasan berbicara, hingga kemarahan rakyat atas tindakan korupsi yang merajalela.
Selama 32 tahun menjabat sebagai kepala negara, Mubarak diduga telah melakukan banyak tindakan korupsi. Apalagi mengingat bahwa istri beliau sudah masuk dalam klub miliarder sejak 2000 silam.
Kedua anaknya juga memiliki sejumlah properti, real estate, hingga kapal pesiar. Dan jumlah kekayaan anak petani ini mencapai angka 360 triliun selama dirinya memegang kendalis ebagai presiden.
Namun dalam pemerintahan Mubarak, keadaan di Mesir memang cenderung menjadi stabil. Sejak berkuasa pada tahun 1981, Mubarak membangun hubungan baik dengan negara-negara Barat dan Israel. Namun di balik kestabilan yang dicapainya, korupsi, kemiskinan dan penindasan oleh negara tumbuh subur di negara Afrika Utara itu

Dampak Tragedi Mesir
Dampak dari Tragedi ini Mesir mengalami kerugian financial dari segala sector yang mencapai miliaran dolar. Kegiatan ekonomi tidak berjalan semestinya. Penjarahan toko semakin meluas dan kerusuhan dimana-mana. Museum dan tempat bersejarah lainnya ikut dirusak massa. Bahkan kepolisian menjaga ketat beberapa warisan kebudayaan seperti piramida dan sphynx.
Dampak lain dari musibah ini adalah bisa membuat ketidak nyamanan turis-turis yang ingin berwisata di negara pyramid tersebut..

Perkembangan Negara Mesir
Sehubungan dengan perkembangan politik terbaru di Mesir Negeri-negeri terlibat : Mesir, Iraq, Syria, Afrika Utara Negara- Negara Islam spt Syria dan Asia. Perkembangan infrastruktur seperti perkembangan jalan, perdagangan dan wisata buat para turis.
Demikianlah arti penting Mesir bagi perkembangan Islam dalam bidang pendidikan dan ilmu banyak Negara-negara islam yang rakyatnya belajar ke Negara Mesir. Karena ada tragedy Mesir pendidikan disana kacau balau, tapi lama kelamaan kekacuan yg terjadi itu kembali membaik.

Tanggapan Para Pemimpin Dunia Soal Mesir
Amerika Serikat
Wakil Presiden Joe Biden mengatakan perubahan kekuasaan di Mesir adalah momentum penting dalam sejarah Mesir dan Timur Tengah. Dia mengatakan transisi di Mesir haruslah perubahan yang permanen. Sementara itu pihak Gedung Putih mengatakan, Presiden Barack Obama akan menyampaikan pernyataan mengenai Mesir dalam waktu yang akan ditentukan.
PBB
Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon meminta transisi pemerintahan yang transparan, teratur dan damai di mesir melalui pemilihan umum yang kredibel menuju pemerintahan sipil.
Rusia
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, negaranya berharap perkembangan terakhir di Mesir akan membantu memulihkan kembali fungsi dan stabilitas struktur kekuasaan di Mesir. Rusia berharap bukan hanya pemerintah tetapi juga kelompok oposisi memiliki keinginan untuk menstabilkan keadaan.
Israel
Pejabat Senior Israel mengatakan terlalu dini meramalkan dampak pengunduran diri Mubarak. Namun, Israel berharap perubahan menuju demokrasi di Mesir akan terjadi tanpa kekerasan dan perjanjian damai tetap terjaga.
Gaza
Juru Bicara Hamas mengatakan, pengunduran diri Mubarak merupakan awal dari kemenangan revolusi Mesir. Kemenangan itu adalah hasil dari pengorbanan dan keteguhan rakyat Mesir.
Persamaan Mesir dan Indonesia
Fakta unik antara Mesir & Indonesia:
1. Indonesia adalah Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Mesir adalah Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia arab.
2. Sama-sama pernah dipimpin oleh Diktator selama 3 dekade (30 tahun lebih): Mesir (Mubarak), Indonesia (Suharto).
3. Sang Diktator, sama-sama berlatar belakang militer.
4. Cara yang dipakai kedua diktator untuk melanggengkan kekuasaannya sama, yaitu sama2 mengandalkan militer, represif, membuat partai status quo yang dominan di parlemen: Mubarak (NDP) & Suharto (Golkar) dan sama2 menggelar pemilu palsu.
5. Semua putra kedua diktator tersebut tidak ada yang mengikuti jejak militer ayahnya, seluruhnya mengambil bidang ekonomi untuk jalan hidupnya: anak2 Mubarak (bankir), anak2 Suharto (pengusaha).
6. Usia saat rezim diktator berkuasa: Mubarak 53tahun (5+3=8), Suharto 44tahun (4+4=8)
7. Mesir adalah negara pertama yang mengakui Indonesia, Mesir jugalah negara terakhir yang dikunjungi oleh diktator Indonesia (Suharto).
8. Kedua diktator sama2 menghadapi unjuk rasa besar-besaran yang dipelopori oleh pemuda dipenghujung masa jabatannya.
9. Icon perubahan sama-sama mengenyam pendidikan pasca sarjananya di Amerika Serikat dan bernama depan Muhammad: Muhammad el Baradei (Mesir) & Muhammad Amin Rais (Indonesia).
10. Jelang jatuhya Rezim diktator Indonesia dimulai pada tanggal 13 , 13 tahun kemudian peristiwa yang sama terjadi di Mesir (1998-2011).

Estimasi yang akan terjadi pada reformasi Mesir

1. Rezim Diktator Indonesia jatuh pada tanggal 21 , 21 hari waktu yang diperlukan untuk menumbangkan rezim diktator Mesir ??
2. Rezim diktator Indonesia turun digantikan oleh wakil presidennya (habibie), begitupula dengan Mesir kepada wapresnya Omar Sulaeman??
3. Pemerintahan pasca rezim adalah pemerintahan transisi yang tugasnya untuk mempersiapkan pemilu demokratis.
4. Selama periode transisi pemerintahan ada 3 kekuatan yang saling berebut pengaruh:
Habibie (*Poros Islam, **Poros nasional sekuler & ***Status quo )..
Omar (*Ikhwanul Muslimin, **Barat & ***Status quo )
5. Pasca transisi, Reformasi Indonesia dipimpin oleh sosok berlatar belakang Islam namun pemikirannya nasionalis sekuler (Gus Dur)..pasca transisi, Reformasi Mesir dipimpin kelompok Islam namun pro AS & Israel ??


SuMbER
www.metrotainment.net/2011/5330/tragedi-mesir-berdarah-2011/
http://www.lintasberita.us/topic/perkembangan+negara+mesir
http://beritaterbaru.net/tanggapan-para-pemimpin-dunia-soal-mesir.php
http://bukucatatan-part1.blogspot.com/2011/02/persamaan-soeharto-dan-mubaraq.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar